Minggu, 12 April 2015

RESEP SELAT SOLO


Pingiiiiin selat solo, gegara si upline yang memang asli solo, suka mosting selat solo bikinannya.

Hayuk lah, kita buat juga. Aslinya saya gatau persis rasa selat solo kayak gimana. Si yangti yang pernah ngerasain, samar-samar ingat gimana rasanya. Galantinnya bikin pake resep si yangti, dikasi bread crump dan roti tawar. Mungkin karena saking seringnya bikin, kami kalau bikin galantin uda ga pake resep. Semua serba cemplung, asal campuran roti tawar dan bread crump nya ga lebih dari 1:5. Maksudnya kalau daging gilingnya 1 kg, campurannya jangan lebih dari 200 gram. Udah deh, masukin garam, merica, pala, telur, ubleg-ubleg. Tambahin air, supaya jangan terlalu akas adonannya. Akas itu keras, kurang lembab hasil jadinya.

Sayurnya sama kayak bistik yaa. Yang unik mungkin ada tambahan timun segar dipotong-potong. Rebus sayurnya jangan terlalu lama. Enak banget kalau dimakan bunyinya krauk krauk. Kentang goreng boleh diskip yaaaa. Nah hasil gugling, kok banyak yang dikasi potato chips, yasud pas foto saya taruhlah kripik kentang itu di atasnya. mmmm kalau menurut saya sihh kurang masuk yaaa rasanya.

Kuahnya, biasa lah, kaldu dikasi garam, merica, kecap dan 3 jenis bawang-bawang itu saya masukin semua. Terus masukin kecap, jumlahnya berapa, terserah yaaa pokoknya rasanya uda masuk aja manisnya. Kemarin saya pake kaldu jamur totole. Terakhir kuahnya dibikin kentel. Saya pakai campuran tepung terigu : tapioka = 1 : 1. dikasi air yang aga banyak dan dituang pas kuah uda mendidih. Request si yangti, gamau yang terlalu kentel. Sipp deh.

Nah yang bikin bedaa kayaknya nih saus mayones nya. Si yangti nih lupa-lupa ingat yaaa, dulu waktu makan ada saus mayonesnya ga sih. Gapapa, kan emang kudu ngrebus telur juga kan buat pelengkapnya. Nah saya ambil 2 telur, dikupas dan dihaluskan semuanya pakai garpu aja. Terus dikasi gula dan cuka. Ukurannya berapa? Jangan tanyaaaa hahahaha. Saya kalau masak suka cemplung-cemplung aja. Dulit dan icip, kalau kurang yaa ditambahiii. Hihihihhihi kalau masak bisa begini, tapi kalau baking bikin kue,  jangan haraapppp bisa asal cemplung.

Terakir, komen si pakne : enak seger, boleh lagi Yank. Dudududu serasa terbang ke awan nih saya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar