Sabtu, 06 Desember 2014

MEMAHAMI LOGIKA TUPO bagian 2



Masih ingat kan tupo itu ada hubungannya dengan kita sebagai ujung tombak oriflame. 

Tupo atau tutup poin adalah minimal pembelian produk oriflame. Tupo untuk kategori pebisnis itu wajib. Sama wajibnya seperti seorang karyawan yang tiap hari harus masuk kerja. Kalau ga kerja ga bakal dapat gaji kan para karyawan itu. Para karyawan tuponya setiap hari kerja dari jam 8 sampe jam 5. Di oriflame tupo tiap konsultannya adalah sebesar 100 bp atau kira-kira 600 ribuan. Postingan yang lalu sudah menjelaskan mengapa tupo itu wajib bagi pebisnis atau leader oriflame. Nah sekarang kita belajar gimana caranya supaya bisa tutup poin? 

Bayangkan kita adalah seorang manager toko kosmetik terkenal yang punya gerai di mall. Supaya dagangan kita laku maka kita pasang iklan, bikin foto produk, suka kasi diskon-diskon. Terus pajang spg yang cantik-cantik. Jangan lupa product knowledge juga harus punya. Mulailah kita jualan. Pembeli berdatangan karena liat iklannya, karena spg nya njelasinnya baik. Bulan ini omset banyak, bonus ditambahin. Kalau bulan yang lalu omset menurun, juga ngefek ke bonus. Sang manager toko ini punya tanggung jawab harus memenuhi target BERAPA RATUS JUTA PER SETIAP BULANNYA. Ini adalah TUPO nya sang MANAGER. Kenapa dihitung dalam jangka waktu bulanan, tentunya lebih mudah untuk konversi ke bonus pegawai.  Sudah bisa paham kan. 

Nah di Oriflame, TUPO pribadi konsultannya 100 bp. Jadi mau jualan atau dipake sendiri ya tupo nya kurang lebih 600 ribuan perbulan. TUPO jabatan Senior Manajer dalam bulan berjalan adalah 10.000 bp atau sekitar 60 jutaan. Terlihat susah? Coba bandingkan dengan Tupo sang manager toko kosmetik di mall. Saya yakin dengan jumlah tupo yang sama, maka kerja konsultan oriflame lebih mudah, karena jualannya dibantu dengan puluhan partner bisnis. Sedangkan sang manager toko bergantung pada penjualan di gerainya. Tupo oriflame lebih MUDAH lho ibu-ibu.

Nah sekarang gimana supaya bisa tupo di oriflame. Cobain deh beli produk oriflame. Pilih dengan cermat berdasarkan review di grup atau di skin chart atau panduan di website oriflame www.oriflame.co.id.
Rasain deh, apa yang bikin anda suka dengan produknya. Lalu ceritakan ke teman-teman. Gitu aja terus. Produk oriflame kan macam-macam jenisnya dari ujung kepala sampai ujung kaki. Dan masing-masing itu masih ada banyak pilihannya. Missal skin care usia 20 an ada at least 4 macam kita bisa pilih (optimals skin youth, even out, smooth out atau pake yang milk and honey atau mau pake ecollagen). Tuh kan banyak.  Pastikan dulu kebutuhannya apa dan cocokkan dengan deskripsi produknya. Di katalog buku atau web pasti ada deskripsi produknya. Jadi jangan sampai salah pilih.
Sudah menemukan hero product?? Share ke temen-temen yaa. Misalnya bronzing pearls nya oriflame nih juara banget. Selalu out of stock kalo lagi didiskon. Soalnya warnanya soft banget dan nempelnya apiiiiikkk. Jadi kelihatan natural, kilaunya alamiiii banget.  Atau deodorant nya oriflame nih non BHT, banyak yang repeat order. Share, share, share ke semua. Tujuannya supaya orang-orang sekitar kita pada tahu dan beli. Apalagi mau join bisnisnya. Okee kan. 

Jadi paham yaa TUPO di oriflame bisa untuk dipake sendiri atau bisa jualan. Kalau ternyata misal kita tupo untuk belanja bulanan aja, ya lebih mudah ga perlu jualan. Kalau ternyata ada yang pingin karena lihat hasilnya oke, bisaaa banget buat nambah poin bp kita. Jadi yakin deh tupo kita pasti LUBERRRR. Biasanya sih gitu, word of mouth atau word of write is powerfull.

word of mouth 

Salam SUKSES BAROKAH


Kartika Sudiati

Ph/wa 08885103401

Pin bb 7d9cca88


Tidak ada komentar:

Posting Komentar