Senin, 01 Juni 2015

mainan Jenga

Dulu pas jamannya mainan jenga booming pertama kali, semuanya serba warna warni. Engga ada yang polosan, kayu ekspos. Dan harganya pun di atas 50 yaaa, apalagi yang merk U**. Liat di *ra***** malah lebih mahal dari yang di olshop. Ya udah, pending dulu beli mainannya ini. Nah pas mau beli mainan di olshop langganan, di daerah purimas surabaya, eeee lha kok ada mainan jenga kayu ekspos ini. Murah pula, cuma dua puluh lima ribuuuu. Langsung di samber dong, masukin keranjang belanjaan. Biar ongkirnya sekalian maksudnya *emakirit*

                                                           let's the game beginnnnnn

 Dulu waktu awal-awal main, ikut aturan tuh. nyusun baloknya urut. iyaaaa U R U T sodara-soadara. jadi bisa ditebak lamaaan nyusunnya daripada mainnya. Hehehehee. Dann demi bisa nyusun urut secara cepat, cara nyimpen baloknya beda dong. Jadi yaaaa abis baloknya dibuat mainan dan end up jatuh berantakan, si ibuk dan kakak misahin baloknya per sepuluh. 1 - 10 masuk kantong sendiri. Gitu sampai semuanya. Biar nanti pas nyusunnya gampil keluarin per kantong.

Nah si balok jenga ini juga punya fungsi lain, yaitu dibikin mainan rumah-rumahan ama para thole ini. Uda dong kecampur ama mainan balok lainnya. Jadi yaaa, akhirnya wes biar aja nyampur, ga usah dipisahin nyimpennya hehehehe.

                                                               saatnya lempar dadu......

Jadi aturan menurut kami, di mana ini kami karang-karang sendiri. petunjuknya dalam bahasa cina yaaa ibu-ibuuuu... Di sana kan disediain dadu. masing-masing boleh pilih mau lempar 1 dadu atau 2 dadu untuk menentukan balok mana yang harus didorong/dikeluarkan. Supaya gampang, kami pakai sumpit buat ngedorongnya. Gitu terus bergantian sampai bangunannya roboh. Gegara siapa yang ngerobohinnya, dia yang kalah hehehehehe...... Seru beneran deh. Walaupun roboh berkali-kali tetep aja kita semangat ulangin lagi. Tapi sekarang nyusun baloknya acak aja, kebalik juga tetep lanjut huehehehehe.

                                               roboh, bangun lagi, roboh lagi, bangun lagi



                                         uda sampe miring-miring nihhh, makin seru jadinya

Aturan lainnya, kami bebas mbatalin hasil lemparan dadu, kalo sekiranyaaa risky banget. Misal, dapat nomer yang paling bawah letak baloknya. Hahahaha jelas ajaaaa minta ulang lempar dadu. Atau dapat nomer yang ternyata di barisan itu uda ilang 2 balok. Huehehehehe jelas minta minta ulang lempar lagi. Dan, aturan kece kami lainnya, lawan boleh membantu mempertahankan bentuk balok, bantuin megangin maksudnya, pakai sumpit. Supaya baloknya ga roboh. Hehehehe *pisssss*

                                                     dorong, jangan sampai jatuh yaaaa
                                                  

                                            asyikkkk banget tuh si kakak, konsentrasi penuhhh
           
Entah kenapa si Adik yaaa yang selalu usul duluan untuk main jenga ini. Mmmm kayaknya nih dia punya ide, apalagi coba kalau bukannn ngrobohin jenga nyaaa. huaaaaaa...... gambar di bawah ini mereka lagi kerjasama bersihin karpet yang kena tumpahan yogurt.


Sebenernya sihhh, si Jenga ini ada di Ipad. Tapi balik lagi, emang si ibuk beli supaya anak-anak ga melulu main di Ipad. Supaya mereka bisa interaksi ama lawan, supaya bisa ngrasain bendanya, membangun dari awal dan masih banyak alasan supaya waktu main anak-anak ga melulu dihabiskan dengan tablet dan Ipad.

1 komentar:

  1. mba mau tanya donk... kan dadunya itu satuan..sesangkan angka jenganya puluhan..itu gmn mainnya?

    BalasHapus