Sabtu, 27 Juni 2015

PANCAKE

pancake paling enak yang saya bikin, salah satu bahannya mengandung butter milk
yeah buttermilk yang jarang ada di Indonesia itu sukses berat membuat pancake saya berasa seperti made in resto

memang banyak yang bilang diganti aja sama susu yang dikasi peresan jeruk nipis atau lemon
saya pernah coba semuanya: pakai jeruk nipis, lemon, cuka makan, cuka lemon 
dan hasilnya ga sesuai harapan


sejak balik Indonesia, request pancake nya pakne jarang saya turuti
nah kapan itu pas liburan, si pakne ajak-ajak ke monumen kapal selam
abis dari sana, kita makan di M 
karena masih pagi, adanya pancake, hash brown
dan kita semua bukan penggemar hash brown
walhasil pesen pancake, dan lanjut breakfast wrap
 
pancakenya empuk
tapi bukan jenis yang pakai butter milk
dengan olesan selai dan whipped cream
hmmmm 3 pancake ludes ama 2 jagoan saya

pulangnya saya browsing resep pancake
dan nemu ini 


saya tulisin resepnya :

Bahan Pancake : - 200 gram tepung terigu protein sedang / serbaguna (saya pakai segitiga biru) - 225 ml susu cair  - 25 gram mentega tawar, lelehkan (saya pakai margarin bb) - 2 butir telur, kocok lepas - 1 sendok makan gula pasir halus  - 1/4 sendok teh garam  - 1 sendok teh baking powder  - Pan / Wajan datar anti lengket 
Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, gula pasir, garam, dan baking powder. Aduk rata.
2. Tuang campuran telur dan susu cair. Aduk sampai adonan tercampur rata dan lembut dengan spatula atau pengocok tangan (whisk). Tambahkan mentega cair, aduk kembali hingga rata. Diamkan adonan sesaat (sekitar 5 menit), aduk kembali adonan pancake saat akan dimasak.
3. Panaskan pan / wajan dengan api sedang. Tuang sekitar 1-2 sendok sayur adonan pancake ke dalam wajan datar anti lengket selama 2-5 menit, hingga pancake terlihat mengembang atau hingga bagian bawahnya berkulit kecokelatan. Balik pancake sampai sisi satunya juga berkulit kecokelatan. Angkat. Biarkan dingin.
4. Sajikan Pancake dengan butter, taburan gula halus, siraman madu, cokelat cair, selai atau aneka buah-buahan sesuai selera. tambahan es di atasnyaa, wuhuuuuu enak bangettt

 


note : ga perlu kasi mentega dulu di atas wajan teflon, supaya pancake nya bisa coklat mulus seperti gambar yang paling atas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar