Jumat, 19 Desember 2014

RESEP TAHU TEK

Hari Minggu lalu grup smp ngomongin soal makanan, rujak cingur, tahu tek, bakso, nasi goreng jawa dan berakhir di pemesanan bakpia merlino pada teman yang sedang berada di Jogjakarta. Kali ini saya mau posting resep tahu tek.
Makanan ini kesukaan keluarga besar saya. Ibu mertua punya langganan sendiri di bronggalan sawah. Kalau Ibu saya tidak pernah beli, paling kalau pas ke bronggalan baru minta dibelikan. Lainnya kalau kepingin yaa bikin sendiri. Bahannya ada di pasar basah dan gampang banget bikinnya. Semua pasti bisa.

bahan :
lontong 2 - 3 bungkus, dipotong
tahu 2 -3 kotak besar dipotong kecil-kecil lalu goreng setengah matang
telur 2 butir dikocok lepas, lalu campurkan dengaan tahu goreng, lalu goreng orak arik sampai matang
(tahunya lebih enak digoreng dulu supaya gembos)
kecambah 2 genggam (saya suka pakai banyak kecambah) dicuci, air seperlunya dididihkan, masukkan kecambah, lalu langsung matikan api
(jadi kecambahnya dicelupin aja, bisa pake kecambah panjang atau kecambah rawon)
 kerupuk bawang kecil-kecil digoreng (banyakin biar tambah enak)
Ada yang pake kentang rebus, tapi saya ga suka kentang rebus yang dimasukin ke makanan
atau enak juga kali ya kalau kentangnya digoreng

bahan saus:
3 sdm kacang tanah disangrai, lalu ulek
3 sdm kecap manis
2 sdm muncung petis yang enak
1/2 gelas kecil air
1 bawang putih
3 cabai kecil, ditumis bareang bawang putih, lalu ulek
udah campur semua bahan
supaya gampang nyampurnya petis di'ulet' bersama 1/3 gelas kecil air panas



Kalau ke Surabaya ga makan tahu tek, kayaknya belum afdol yaaa. Petis dan tahu tek, adalah Surabaya banget. Katanya kenapa dinamain tahu tek wajan penggorengannya yang berbunyi tek tek tek waktu dipukul, pertandan yang jual lewat.

Ini ada refensi tahu tek di Surabaya yang katanya terkenal.
Tahu Tek haji Ali di Jl. Dinoyo 147-A.

Jujur saya belum pernah ke sana, ntar deh kapan-kapan boleh dicobain kalau pas ke arah sana. Maklum jauh amat dari rumah saya. Kalau menurut saya, faktor dominan itu petisnya. Pakai petis enak ya. Saya biasa beli di pasar yang harga sekilonya 50 ribu.
Kalau ga nemu tahu tek Pak Ali, ayuk ke rumah saya aja, ntar saya bikinin deh hehehe. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar